Berita

FTKOM UNCP Gelar Pelatihan Pengelolaan Google Scholar, Sister, Sinta Menuju Daya Saing Nasional

Fakultas Teknik Komputer UNCP pada Jumat (13/4/2018) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Profil Google Scholar, Sister, Sinta (Science and Technology Index) dan Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah yang dikemas dalam bentuk Workshop Persiapan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2018 yang dilaksanakan di Laboratorium 6 Fakultas Teknik Komputer UNCP.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor UNCP Prof. Drs. Hanafie Mahtika, M.S tersebut dihadiri oleh Ketua LPPM Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd, Dekan FTKOM Rusmala, M.Kom, Wakil Dekan FTKOM Nirsal, S.Kom.,M.Pd, Ketua Program Studi Informatika Saddang Saputra, S.Pd.,M.Pd serta seluruh dosen FTKOM dan juga sebagai peserta pelatihan tersebut.

IMG_2333

Dalam sambutannya, Rektor UNCP menyampaikan apresiasi kepada Fakultas Teknik Komputer telah membuat sebuah trobosan baru telah membuat pelatihan ini, yang tentunya memiliki manfaat yang banyak bagi dosen-dosen.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Teknik Komputer yang telah menyelenggarakn kegiatan ini sebelum kami diskusikan dengan pihak Universitas, dimana untuk agenda rapat dengan pihak universitas dalam waktu yang dekat akan membahas terkait dengan tema yang diangkat dalam pelatihan ini  yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen yang akan membantu pengembangan universitas kedepan” terangnya.

IMG_2312

Dekan FTKOM dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa seluruh peserta diharapkan menyimak dengan seksama materi yang akan diberikan yang terkait dengan pembuatan profil di google scholar sehingga nantinya dapat ter-registrasi di akun SINTA (Science and Technology Index) sehingga kedepan bapak/ibu dosen khususnya dosen Fakultas Teknik Komputer dapat dengan mudah melihat karya/jurnal dosen yang telah dipublikasikan.

Memasuki materi pelatihan, Bobby Poerwanto, S.Pd.,M.Si sebagai instruktur  dalam pembuatan profil di google scholar dan akun SINTA memberikan arahan kepada seluruh peserta untuk mengikuti tahapan-tahapan pelatihan dan memberikan penjelasan terkait aplikasi  yang akan menjadi wahana yang dapat menjembatani publikasi bagi dosen-dosen dimana hal tersebut akan menjadi  media dalam regulasi kemenristekdikti.

Semnetara itu, memasuki sesi kedua dari materi pelatihan dibawakan oleh Nahrun Hartono, S.Kom.,M.Kom yang merupakan Direktur Teknologi Informasi UNCP memberikan pelatihan terkait pendaftaran pada Aplikasi SISTER (Sumber Daya Terintegrasi) yang dilakukan oleh masing-masing Dosen.

IMG_2355

IMG_2393

Sharing yang dilakukan oleh kedua pemateri diikuti dengan penuh antusias oleh bapak/ibu dosen FTKOM dimana dalam pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pembimbingan dan pengetahuan publikasi melalui sebuah aplikasi yang akan menampilkan karya publikasi dosen dan peneliti di Indonesia dan dalam pelatihan tersebut juga dilakukan sharing tentang penelitian serta pengabdian kepada masyarakat menuju daya saing nasional.

IMG_2343

IMG_2400

Twitter