Berita

FKIP UNCP GELAR KULIAH UMUM SEKALIGUS WORKSHOP LESSON STUDY

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo (FKIP UNCP) menggelar dua kegiatan diawal semester genap tahun ajaran 2019/2020 ini yakni yang pertama Kuliah Umum dengan tema “Integrasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Literasi, dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.” Kemudian kegiatan yang kedua yakni Workshop Lesson Study dengan tema “Menyongsong Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Optimalisasi Penerapan Lesson Study for Learning Community” bertempat di Gedung Saodenrae Convention Center (SCC) pada hari Selasa 11 Februari 2020.

FOTO-2

FOTO-3

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi. Untuk sesi pertama yakni Kuliah Umum pada pukul 08:30-11:00 dan sesi kedua yakni Workshop Lesson Study pada pukul 13:30-16:00. Untuk kegiatan Kuliah Umum dihadiri oleh Bapak Ibu dekan lingkup UNCP dan Bapak Ibu dosen beserta mahasiswa FKIP. Kemudian untuk kegiatan Workshop Lesson Study dihadiri oleh Bapak Ibu kepala Sekolah dan Bapak Ibu guru se-kota Palopo beserta para dosen FKIP UNCP yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNCP Ibu Dr. Ma’rufi, M.Pd.

FOTO-4

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tema dalam kuliah umum ini menarik yang dapat dikaji secara mendalam. Disamping itu beliau juga menyampaikan bahwa sekarang ini sudah keluar Permendikbud no.3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan bahwa lama studi program sarjana adalah paling lama 7 tahun yang sudah termasuk cuti didalamnya jadi usahakan diperhatikan studinya. Dengan demikian “Selamat mengikuti Kuliah Umum ini, cermati dan ajukan pertanyaan,” ucapnya dalam sambutan Kuliah Umum FKIP UNCP. Kemudian sambutan berikutnya dalam kegiatan Workshop Lesson Study beliau menyampaikan bahwa Lesson Study ini adalah salah satu tema unggulan penelitian di UNCP khususnya di FKIP. Terkait dengan Workshop Lesson Study ini diharapkan nantinya muncul guru-guru penggerak yang artinya bahwa kita diharapkan mampu menjadi penggerak sehingga ada sesuatu yang baru dalam proses pembelajaran kita yang kemudian dalam Lesson Study ini diharapkan bagaimana guru saling observasi pembelajarannya maksudnya ialah saling share antar guru.

FOTO-5

FOTO-6

Narasumber Kegiatan Kuliah Umum dan Workshop Lesson Study ini adalah Dr. Hobri, M.Pd. Beliau merupakan Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Jember, Ketua Dewan Pendidikan Jember, dan Konsultan ahli IsDB 4 in 1 Universitas Jember Bidang Kurikulum berbasis research.

FOTO-7

FOTO-8

Twitter