Berita

FKIP Adakan Pelatihan untuk Dosen Pembimbing Magang III

Kegiatan pelatihan untuk Dosen pembimbing magang III akan berlangsung selama 2 hari di Aula E kampus 1 UNCP, 24-25 Februari 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh 45 Dosen pembimbing Magang III dari 6 program studi, PPKN, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen yang mengamanahkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu, Pedagogis, Profesional, Sosial dan kepribadian. Kompetensi tersebut tidak serta merta bisa terbentuk hanya dengan pemberian pengalaman dan hanya diakhiri dengan proses pendidikan. Oleh karena itu, pada struktur kurikulum pendidikan akademik untuk calon guru harus menempatkan pemajanan awal (early exposure), yaitu pemberian pengalaman sedini mungkin kepada calon guru melalui Magang di Sekolah secara berjenjang, dan inilah yang dilakukan oleh FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo.

Diharapkan dengan kegiatan pelatihan ini, Dosen pembimbing bisa berbagi dengan para mahasiswa peserta Magang III nantinya mengenai apa yang harus dilakukan di Sekolah, menjaga etika dan prilaku, menumbuhkan self confidence, membantu Mahasiswa dalam menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran, membuat bahan ajar, membuat media dan LKS, membuat instrument dan alat evaluasi pengajaran serta memberikan penilaian langsung terhadap peserta magang, sebuah tanggung jawab yang besar demi menciptakan calon guru hebat dan profesioanal nantinya.

Untuk diketahui bersama bahwa FKIP UNCP yang merupakan Fakultas/Kampus pencetak guru di Tana Luwu diharapkan menjadi yang terdepan dalam memantapkan bekal Mahasiswa sebagai calon Guru masa depan yang profesional dan punya pengalaman sebelum betul-betul menjadi guru nantinya. Hal ini bisa terwujud mengingat program Magang yang merupakan pegganti program PKL di FKIP dilaksanakan secara gradual/berjenjang dimulai dari Magang I, magang II dan Magang III.

Sukses terus untuk FKIP, jadilah pencetak guru masa depan yang hebat, unggul dan professional.

 

 

Twitter