Berita

FGD FTKOM Hadirkan Instansi Pemerintah, BUMN, BUMD dan BUMS

Bertempat di Aula E Kampus 1 Uncp, Sabtu, 09 September 2017, Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) Sukses adakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan Roadmap penelitian dan pengabdian untuk dosen dan mahasiswa.

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa instansi pemerintahan se-kota Palopo, dinas se-kota Palopo, Perusahaan Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), alumni, kelompok dosen konsentrasi, dan perwakilan mahasiswa teknik informatika ini bertujuan untuk mendiskusikan arah penelitian dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Komputer kedepan yang diharapkan mampu bersinergi dengan kebutuhan instansi, dinas terkait, perusahan BUMN ataupun BUMS.

Rektor Uncp, Bapak Dr. Suaedi, S.Pd. M.Si selain membuka langsung kegiatan juga ikut memberikan pengantar mengenai gambaran pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sangat spesifik pada berbagai aktivitas manusia. Teknologi yang berkembang dan dikonsumsi oleh masyarakat lokal khusus di kota palopo diproduksi dari luar negeri, dengan kata lain kita hanya sebatas pengguna, dan belum samai pada titik mencipta dengan berbagai inovasi. Hal tersebut perlu dipikirkan bersama sehingga potensi-potensi yang ada dapat dioptimalkan, oleh karena itu masukan dari para stakeholder sangat dibutuhkan.

Jalannya diskusi ini berlangsung kurang lebih selama tiga jam, yang menghasilkan berbagai macam titik temu dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian yang bersinergi dengan kebutuhan sektor-sektor terkait. Hal mendasar yang mendorong gagasan oleh pihak-pihak yang hadir yaitu dengan memandang bahwa Kota Palopo merupakan satu kawasan yang sangat berpotensi dalam pengembangan smart city, e-commerce dan e-budgeting dan e-musrembang. Selain itu lebih khusus lagi bahwa penelitian penting pula untuk didorong yaitu mengenai pembuatan aplikasi layanan berbasis online, peningkatan kuantitas dan kualitas UMKM berbasis online untuk membantu kemajuan ekonomi daerah. Adapun beberapa hasil yang menjadi catatan pokok dalam diskusi ini yaitu dari pihak Dinas Komunikasi dan Informasi mendorong pusat kajian smart city untuk kota Palopo. Tujuan dari itu salah satunya adalah ketersediaan pangkalan data pada level lokal yang dapat mendorong pelayanan yang mudah dan murah sehingga tidak bergantung pada data pusat. Data tersebut bisa digunakan dan dikelolah sendiri dengan mudah dan kapan saja tanpa menunggu konfirmasi dari pusat. Tidak kalah pentingnya mendorong penelitian mengenai keamanan jaringan dan komputer didalam memproteksi sistem-sistem yang telah berjalan.

Universitas Cokroaminoto Palopo mengapresiasi semua usulan dan berharap bahwa masukan-masukan yang dapat direalisasikan. Sehingga hasil penelitian dan pengabdian tidak hanya sebatas laporan melainkan suatu hasil yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh semua pihak terhusus oleh masyarakat.

 

Twitter