Berita

FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER UNCP SUKSES GELAR SEMINAR NASIONAL AI

Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sukses menggelar Seminar Nasional Artificial Intelligence (AI) dengan tema “Berselancar Di Era Disruptif dengan Teknologi Artificial Intellegence” bertempat di Gedung Merdeka Convention Hall (MCH), Minggu 30 Juni 2019.

Seminar Nasional tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Cokroaminoto Palopo Dr. Ma’rufi, M.Pd., dengan menghadirkan Narasumber Dr. Indrabayu, S.T., M.T., M.Bus., yang merupakan Head of Artificial Intelligence and Multimedia Processing (AIMP) Research Group Hasanuddin University Makassar. Selain sebagai dosen di Universitas Hasanuddin Makassar juga sebagai Praktisi Teknologi Komputer dan juga aktif sebagai pembicara ditingkat Nasional maupun Internasional. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Direktur Macca Indonesia (MIND) Haeril Al Fajri.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Komputer Rusmala, S.Kom., M.Kom., menyampaikan bahwa "kegiatan Seminar AI ini dapat memberikan konstribusi yang positif bagi peserta seminar khususnya mahasiswa dan dosen dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kecerdasan buatan dan menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah membantu menyelenggarakan kegiatan Seminar ini," tuturnya.

Disamping itu, Nirsal, S.Kom., M.Pd., selaku Ketua Panitia Seminar Nasional AI mengungkapkan bahwa kegiatan Seminar ini diselenggarakan berkat kerjasama dengan Macca Indonesia (MIND) Kota Palopo dengan beberapa sponsor dan media partner. “Harapannya ialah kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta Seminar bahwa untuk menghadapi era disruptif ini, setiap orang dituntut mampu memanfaatkan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), jumlah peserta pada kegiatan ini 330 peserta berasal dari kalangan mahasiswa dan dosen,” ucapnya.

Dalam pemaparan materi, topik yang disampaikan oleh narasumber antara lain Industri 4.0 tantangan dan ancamannya, standard form seleksi Start Up BMC agar dapat mendisrupsi bukan terdisrupsi, aplikasi AI dan contoh mini industri 4.0 bagi masyarakat. Antusias para peserta terlihat dalam suasana seminar, terlihat mereka menyimak dengan baik pemaparan narasumber dan banyaknya peserta yang antusias memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Dalam pemaparan materi, narasumber menyampaikan bahwa era persaingan dalam industri 4.0 ini mampu menciptakan kecerdasan buatan karena ilmu pengetahuan khususnya dibidang informatika semakin maju, semakin berkembang, kecerdasan juga harus di upgrade, dan jika kita tidak mampu bersaing karena kompetitor semakin banyak maka otomatis kita yang akan terdisrupsi, kita hanya mampu menjadi konsumtif dan orang lain yang menjadi produsen yang produktif.

Selain pemberian materi oleh narasumber, kegiatan ini juga dirangkaiakan dengan penandatanganan MoU antara Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo dengan Macca Indonesia (MIND) Foundation Kota Palopo serta Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo dengan Klinik Komputer Kota Palopo.