Berita

DUA DOSEN FTKOM UNCP IKUTI SEMINAR ORACLE ACADEMY FACULTY DAY DI MAKASSAR

Dua dosen FTKOM UNCP Nirsal, S.Kom., M.Pd., dan Siaulhak, S.Kom., M.Pd., mengikuti kegiatan Seminar Faculty Day yang dilaksanakan oleh Oracle Academy dengan tema Position Your Students for Creating the Future pada tanggal 18 Juli 2019 di Swiss-Bel Hotel ruang Selayar 2 Makassar. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk menjelaskan tentang mencapai visi industry Era 4.0 yang memberikan penawaran oracle academy khususnya di bidang ilmu komputer dan update terbaru terkait kurikulum serta sertifikasi. Peserta kegiatan ini berasal dari 17 perguruan tinggi se-Sulbar bidang komputer dan 16 SMK se-Makassar.

Materi yang disampaikan dalam seminar ini ada dua sesi. Untuk sesi pertama yaitu Achieving Industry 4.0’s Vision yang disampaikan oleh Bapak Mohamad Rizal Aryadi, CPIM, CSCP Principle Consultan fi PT. Oracle Indonesia dan sesi kedua Oracle Academy yang disampaikan oleh Ibu Nurul Huda Country Manager Oracle Academy Indonesia dan Malaysia, Oracle Indonesia. Dalam penyampaiannya bahwa program Oracle Academy dapat digunakan untuk inisiatif dalam pengembangan keterampilan dan kapasitas manusia yang secara khusus berfokus pada industri IT. Program ini dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterampilan yang dapat dipekerjakan oleh peserta didik Jurusan Ilmu Komputer maupun Teknik. Selain itu, program ini dapat membantu mempersiapkan peserta didik menyelesaikan Politeknik atau sejenisnya, mengembangkan keterampilan yang akan membantu mereka menyediakan mobilitas horizontal dan vertikal karena program ini akan membantu peserta didik mendapatkan sertifikasi oracle di Java dan Pemrograman SQL yang diakui secara global.

Kerangka implementasi sangat penting dan membutuhkan tim yang berdedikasi dari pemerintah dan berfokus pada awal kelancaran dan keberhasilan serta implementasi yang berkelanjutan. Negara mungkin perlu membuat beberapa perubahan dalam kurikulum sekolah/perguruan tinggi untuk memastikan bahwa peserta didik memiliki waktu yang cukup sebagai bagian dari jadwal mereka juga. Oracle Academy akan senang bekerjasama dengan mitra dan mendukung reformasi pendidikan yang dilakukan oleh negara.

Twitter