Berita

Dosen UNCP Meningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir Petani Rumput Laut Labombo melalui PKM

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Petani rumput laut labombo yang dilaksanakan oleh Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) merupakan hibah dari Kemenristekdikti tahun anggaran 2018. Program ini terlaksana atas dukungan penuh dari Fakultas Pertanian UNCP dan pemerintah Kota Palopo yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Labombo dan menjadikannya sebagai poros maritim.

Dalam implementasi PKM Petani rumput laut Labombo, Tim Pelaksana PKM menawarkan 5 program utama yaitu pelatihan budidaya rumput laut, metode dan konsep pengeringan yang sesuai standar kadar air dan kadar garam ideal, diversifikasi olahan rumput laut menjadi naget dan selai, pelatihan dan pendampingan pengolahan limbah rumput laut dan limbah rumah tangga menjadi pupuk organic cair (POC), dan penangkaran Bibit Rumput Laut secara swadaya.

IMG-20180704-WA0021

Kegiatan ini berlangsung selama 6 bulan diawali pada tanggal 15 Mei 2016 dengan memberikan Pelatihan budidaya Rumput Laut. Pelatihan ini yang dihadiri kelompok petani rumput laut dengan memperoleh materi terkait waktu tanam dan panen ideal, kondisi tambak, pengaturan pH (derajat keasaman) air, dan kecukupan unsure hara. Program selanjutnya yang dilaksanakan yaitu motede dan pengeringan sesuai kadar air, dalam kegiatan ini dihadiri petani bersama penyuluh mendiskusikan tentang konsep pengeringan yang terhindar dari kotoran yang berlebihan yang dapat merusak kandungan rumput laut.

IMG-20180704-WA0011-(1)

Salah satu kendala utama dari budidaya rumpu tlaut adalah harga yang murah sehingga tim pelaksana PKM menawarkan program diversifikasi olahan rumputlaut. Ibu-ibu petani rumput laut dapat mengolah menjadi produk bernilai ekonomis seperti selai dan naget. Kegiatan diversifikasi olahan rumput laut dilakukan disalah satu rumah warga dengan mendemonstrasikan secara langsung bagaimana cara pembuatan selai  dan naget sampai pada bagaimana pengemasan yang baik. Setelah memberikan pengetahuan tentang diversifikasi olahan rumput laut, para ibu-ibu petani rumput laut juga diberikan pengetahuan tentang pengolahan limbah rumput laut dan limbah rumah tangga menjadi POC. POC yang dihasikan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk tanaman bunga di pakaran rumah.

IMG-20180704-WA0073

Program terakhir dari PKM ini adalah pengkaran bibit rumput laut.Tim Pelaksana PKM bersama petani melakukan penangkaran bibit rumput laut di salah satu empang. Kegiatan ini di harapkan dapat menjamin ketersediaan bibit rumput laut di Labombo dengan harga yang relative terjangkau. Kegiatan ini memadukan antara pengalaman petani rumput laut dan konsep penangkaran ideal dari Fakultas Pertanian UNCP. Sinergitas di harapkan terus terjalin dan diharapkan Labombo menjadi daerah percontohan rumput laut untuk kawasan Luwu dan Tanatoraja.

Twitter