Berita

DOSEN UNCP IKUTI KEGIATAN WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS LUARAN PENELITIAN

Dosen Universitas Cokroaminoto Palopo yang menjabat sebagai Wakil Rektor I bidang Akademik Dr. Ma’rufi, M.Pd., mengikuti kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Luaran Penelitian Skema Penelitian Disertasi Doktor, Penelitian Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi dan Tesis Magister Tahun 2019 di Hotel Grand Asia Makassar pada tanggal 15 s/d 16 Juli 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Bosowa Makassar.

Penyelenggaraan Workshop Peningkatan Kualitas Luaran Penelitian Skema Penelitian Disertasi Doktor, Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi dan Tesis Magister Tahun 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen penerima hibah Penelitian Disertasi Doktor, Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi dan Tesis Magister dalam penulisan manuskrip dan hasil penelitiannya untuk dipublikasikan pada jurnal internasional yang bereputasi. Peserta Workshop Peningkatan Kualitas Luaran Penelitian Skema Penelitian Disertasi Doktor, Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi dan Tesis Magister Tahun 2019 adalah para dosen penerima hibah Penelitian Disertasi Doktor tahun 2019.

Materi Workshop Peningkatan Kualitas Luaran Penelitian Skema Penelitian Disertasi Doktor, Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi dan Tesis Magister Tahun 2019 ini yaitu: 1. Signifikansi ilmiah dan strategi memilih jurnal internasional yang tepat, meliputi: a. Evaluating scientific significance of one’s findings for international publication and strategy for selecting the appropriate international journal; b. Familiarizing with the in-house style of selected journals, and online submission. 2. Strategi menulis manuskrip yang baik, yang meliputi komponen-komponen sebagai berikut: a. Titles, bylines, abstracts, and keywords; b. Citation, footnotes, endnotes, references; c. Introductions, approaches and methodology; d. illustrations, photos, tables, graphs; e. Language for scientific articles. 3. Klinik dan konsultasi manuskrip. Narasumber dalam kegiatan ini adalah pakar penelitian yang ditunjuk oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat yaitu Prof. Dr. Ririh Yudhastuti drh., M.Sc., Prof. Dr. Ir. Agus Sugianto, S.T., M.P., Prof. Dr. Ir. Siktus Gusli, M.Sc., dan Prof. Ir. Wasmen Manula, Ph.D.