Berita

DEKAN FMIPA UNM: PARADE UNCP SETARA UGM, ITB, IPB DAN KAMPUS BESAR LAINNYA

Pagelaran dies natalis dan wisuda sarjana periode I Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun 2020, Ahad 1 Maret 2020 menghadirkan Dekan FMIPA UNM Suwardi Annas, M.Si., Ph.D. untuk membawakan orasi ilmiah. Dalam penyampaiannya Suwardi Annas, M.Si., Ph.D.  banyak membahas manfaat statistik dalam setiap bidang ilmu yng dikemas dalam orasi dengan tema“Eksistensi Statistika di Era Big Data dan Pemanfaatannya dalam Pemecahan Masalah”.

1-orasi

Mengawali orasi ilmiahnya Suwardi Annas, M.Si., Ph.D., secara pribadi dan mewakili FMIPA UNM mengucapkan selamat Dies Natalies ke-53 dan Wisuda Sarjana Periode I Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun 2020. UNCP adalah kampus yang aktif dalam mengikuti dan mendukung perkembangan IPTEK, hal ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian dosen di tahun 2019, kemudian UNCP aktif melaksanakan seminar nasional dan internasional.

3-orasi

Tak kalah saing dengan dosennya mahasiswa UNCP juga aktif pada kegiatan regional dan nasional, salah satu diantaranya adalah mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Hal ini disaksikan langsung oleh Dekan FMIPA UNM.  "Bangga melihat perkembangan UNCP, tahun 2019 saya menyaksikan langsung parade UNCP yang setara UGM, ITB, IPB dan kampus besar lainnya pada ajang PIMNAS di UDAYANA Bali", ucap Suwardi Annas.  Hanya 126 Perguruan Tinggi yang lolos PIMNAS dari sekitar 4000 Perguruan Tinggi di Indonesia. Satu-satunya Perguruan Tinggi yang lolos PIMNAS di Tana Luwu adalah Universitas Cokroaminoto Palopo.

4-orasi

Dalam pemaparannya Suwardi Annas, M.Si., Ph.D. menyebubutkan Statistika telah merambah secara luas sebagai alat pembimbing pemecahan masalah, tidak hanya digunakan oleh mereka yang bergerak dalam pengembangan iptek, melainkan juga oleh pemerintah dan pengguna (praktisi) di berbagai bidang. Eksistensi ilmu statistika dalam era Big Data atau migrasi dari Small Data ke Big Data dapat dikembangkan melalui inovasi yang dikembangkan dengan menggunakan Statistikal Thinking sebagai landasan berpijak dalam mengembangkan analisis statistika dalam pengolahan Big Data.

2-oradi

Sebelum mengakhiri orasi ilmiahnya Suwardi Annas, M.Si., Ph.D.  berpesan kepada 77 wisudawan untuk terus menggali potensi yang dimiliki dan mengikuti perkembangan IPTEK. "Selamat kepada wisudawan telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 di UNCP,  Universitas kebanggan Tanah Luwu", tutupnya dalam orasinya.

Twitter