Berita

BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi Pendidikan Biologi UNCP

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Cokroaminoto Palopo mendapat kunjungan dari tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi akreditasi, pada Kamis (8/2/2018) di Kampus 1 UNCP.

Akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap kompetensi prodi dalam melaksanakan kegiatan akademik yang telah memenuhi standar mutu serta menghasilkan lulusan sesuai standar yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Tim asesor dari BAN-PT yaitu Prof. Dr. Djukri, M.S merupakan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta dan Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr. Guru Besar Universitas Gadjah Mada diterima langsung oleh Rektor UNCP Prof. Hanafie Mahtika, MS, di Gedung Rektorat dan menyampaikan ucapan terimakasih secara langsung kepada tim asesor atas kehadirannya untuk melakukan visitasi kepada Prodi Pendidikan Biologi dimana prodi ini merupakan prodi baru dilingkup UNCP.

@_DSC0020_1

Adapun kunjungan tim asesor dari BAN-PT digelar di ruang Fakultas dan Aula E Kampus 1 UNCP yang dihadiri oleh perwakilan civitas akademika UNCP yang terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga administrasi, serta alumni.

Dalam kunjungannya, tim asesor melakukan klarifikasi isi borang yang telah mereka terima yang mencakup validasi dan verifikasi dokumen melalui komunikasi, tanya jawab dan bukti fisik sebagai upaya perpanjangan masa berlaku akreditasi yang sudah dicapai oleh prodi Pendidikan Biologi saat ini. Dekan FKIP Rusdiana Junaid, M. Hum., MA menjelaskan pihaknya telah melakukan persiapan dalam rangka akreditasi pendidikan biologi menuju  program studi yang menghasilkan sumberdaya manusia yang berakhlak mulia dan unggul dalam inovasi pembelajaran biologi secara nasional pada tahun 2026.

Selain melakukan komunikasi, tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik, tim asesor juga melakukan kunjungan pada sarana kampus yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya Prodi Pendidikan Biologi.

@_DSC0026

@_DSC0022

 

“Seluruh kelengkapan dokumen yang diusulkan sudah kami lengkapi, adapun kunjungan asesor pada hari ini semoga dapat meningkatkan mutu pengelolaan akademik di Program Studi Pendidikan Biologi agar lebih baik lagi kedepannya, dan apapun hasil penilaian hari ini itulah yang terbaik untuk kemajuan prodi kami kedepan” ungkap Ketua Prodi  Pendidikan Biologi Akhmad Syakur, S.Pd., M.Sc.

@_DSC0030

@_DSC0010

Setelah mengecek seluruh kelengkapan dokumen, dilanjutkan dengan penandatangan berkas dan penyerahan berita acara oleh asesor kepada Dekan dan Ketua Prodi sekaligus menutup visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi Pendidikan Biologi UNCP.

@_DSC0020

@_DSC0008

@_DSC0012

@_DSC0005

Sukses dan jaya terus Program Studi Pendidikan Biologi.

Twitter